Senin, 19 Januari 2009

Stress Management

Aslinya sih stress management ntu sebuah paket mengelola stress yang pernah gw ikutin delapan tahun yang lalu. Waktu ntu gw masih duduk di bangku sekolahan. Lagi iseng baca mading (majalah yang nemplok di dinding) tiba2 mata gw tertuju ke sebuah pengumuman: Kelas Stress Management..., tanpa banyak cerita gw langsung daftar.

Hari pertama,
Latihan yang pertama gw pelajari adalah latihan bernafas
Ada 4 cara bernafas, nafas dada yang biasa kita lakukan, keliatan dari dada yang terangkat waktu narik nafas, nafas ini cenderung pendek. kedua, nafas perut; tarik nafas dalam2 perut mengembung dan buang nafas perlahan perut mengempis, kalo kita peratiin bayi itu nafas pake gaya yang kedua ni. Ketiga, nafas diafragma, nah yg ini gw ga ngerti. Terakhir ada nafas bahu; ketika narik nafas bahu yang terangkat. OK, dalam latihan hari pertama ini fokus pada cara bernafas paling baik; nafas perut.

Prakteknya, lakukan nafas perut selama paling kurang 10 (sepuluh) menit setiap hari. Ada baiknya minum air putih 2 liter sehari. Kedua hal ini akan memperbaiki kinerja organ2 tubuh kita, melancarkan aliran darah, menambah kapasitas o2 dalam darah. Coba bayangin, Oksigen dalam darah yang maksimal dan aliran darah yang juga maksimal, hasilnya adalah badan yang segar bugar. Karena suplai o2 ke seluruh organ cukup dan lancar. Banyak penyakit yang disebabkan karena aliran darah yang ga lancar (baik karena terlalu kental atau kadar o2 yang kurang). So, kerjakan. Matikan lampu atau tutup jendela agar cahaya dari luar ga masuk, cahaya yang masuk ke mata akan mengaktifkan kerja otak kita. Latihan ini dilakukan dalam keadaan mata tertutup. Duduk santai bersila atau di kursi, sambil sebelumnya menyetel musik bertempo lembut/pelan. Disarankan musik2 meditasi. Tarik nafas dalam2 alirkan ke perut dan perut akan mengembang, lalu pelan2 buang nafas sehingga perut kembali mengempis. Menarik dan membuang nafas lewat hidung. Kalau ada fikiran yang muncul, biarkan saja. Nanti juga hilang. Tapi juga jangan konsentrasi, karena konsentrasi itu juga mengaktifkan kerja otak. Latihan ini gunanya untuk memperlambat kerja otak sehingga berada pada gelombang paling tenang. Awalnya memang akan sulit, tapi masak kalo dikerjain tiap hari ga berhasil, pasti berhasil! rasakan aja hangatnya membuang nafas dan sejuknya menarik nafas.... OK? Just ten minutes every day, abis 3 bulan bedakan rasanya.

Lebih baik lagi latihan ini dilakukan pada pagi dan/atau sore hari, karena ini suasana hari yang paling tenang. Just do it!

Hari kedua.
to be continued setelah proses revitalisasi... (maksudnya nggak afdol kalo gw juga ga ngelakonin... )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar